Welcome

WELCOME TO GUSADE FREDDY KREASI BLOGSPOT


Laman ini saya manfaatkan sebagai ajang "unjuk seni" yaitu, salah satu cara saya untuk menunjukkan apresiasi terhadap kesenian, terutama aktivitas berkesenian di Bali. Sebagai manusia biasa, saya merasa bahwa saya tidak mungkin melepaskan diri dari seni. Saya tidak menyangka tiba-tiba timbul dorongan untuk melukis, sekali waktu timbul keinginan untuk membuat ukiran, patung, Pada kesempatan yang lain saya ingin bermain musik atau membaca karya sastra. Semua itu saya lakukan karena semata-mata tidak ingin membendung desakan yang datang dari dalam diri saya. Semua desakan itu saya biarkan mengalir hingga melahirkan karya. Saya tidak terlalu memikirkan nilai karya. Karena penilaian datangnya dari luar bukan dari diri saya sendiri. Karya yang sudah ada saya kumpulkan, saya ingin membagi apresiasi pada Anda sambil saya terus berkarya selama masih ada dorongan nurani seni pada diri saya.

26.9.10

SEEKOR CECAK MATI TERJEPIT PINTU

Suara cecak suara jejak
     mata-mata sang dewi
rahasia dibenarkan atas persetujuannya
 cak…cak…cak…cak…cak…Hyang Saraswati…
suara menjadi bunyi
    bunyi semestinya arti
        arti sembunyi di religi
    Sedekat itukah  relegi akrabi suara pintu hati?

Suara pintu suara hantu
    seekor cecak mati terjepit pintu
        menjadi hantu
menjebak para pemuja suara.
suara cecak jadi suara semua
semua jadi cecak

Suara cecak suara seorang lelaki
di balik jubah tersembunyi kitab suci
mahir ujarkan petuah dari seribu mimpi
hapal bait puisi dan wewangi dupa
namun sulit bedakan tuak dengan tuah
    keduanya lentur di tutur
    keduanya akhirnya dengkur

Seekor cecak mati terjepit pintu
Dan aku tidak pernah lagi rindu suaramu.
                                                              Ida Bagus Darmasuta 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar